PERINGATAN HARI GURU NASIONAL DAN HUT PGRI 2015

Setiap tahun, 25 November adalah hari istimewa bagi para guru. Di Hari Guru Nasional inilah pengabdian mereka diakui, prestasi mereka dirayakan dan keberadaan mereka lebih diperhatikan.Apakah anda semua tahu apa makna hari guru tersebut? Berdasarkan referensi, lahirnya PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) pada tanggal 25 nov 1945, setelah 100 hari proklamasi kemerdekaan Indonesia, merupakan cikal-bakal organisasi PGRI. Di mana organisasi ini diisi oleh para Guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah. Diperingatinya tanggal ini sebagai Hari Guru Nasional adalah berdasarkan Kepres (Keputusan Presiden) Nomor 78 Tahun 1994 hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada guru. Kesimpulannya, bahwa hari guru mempunyai makna sebagai bentuk penghormatan kepada guru  atas jasa-jasa yang telah dilakukannya selama ia mengajar. Berarti dapat disimpulkan bahwa pada setiap tanggal 25 nov setiap tahunnya hari ini dianggap sebagai hari ulang tahun guru se-indonesia.

Tentunya setiap sekolah mempunyai tradisi dalam memperingati hari guru, mungkin ada yang membuat perlombaan para guru, sekedar upacara saja dan bahkan memberi hadiah atau bunga kepada para guru bahkan sama sekali menganggap hari ini adalah hari biasa saja, hari guru bukanlah merupakan hari libur nasional karena pada umumnya sekolah tidak akan libur. Di SMK Negeri 1 Pogalan ini sendiri ada sekitar 100 lebih guru. Dan pada hari ini, dilakukan Upacara peringatan hari guru nasional. Ini berbeda dengan upacara yang berbeda dengan upacara biasanya. Jika pada upacara rutin pada hari senin petugas upacaranya adalah siswa, maka pada upacara perngatan hari guru ini seluruh petugas upacaranya adalah para guru dan staff TU yang ada di SMK Negeri 1 Pogalan. Pada upacara ini dilakukan juga pemberian penghargaan kepada Bapak Ibu guru yang Berprestasi. Walaupun masih terlihat agak kaku, tetapi semangat bapak ibu guru ini patut untuk diacungi jempol.

Pada saat hari Guru apakah anda sebagai seorang murid memperlakukan guru Anda  secara istimewa, Seperti Anda dilakukan secara istimewa dari orang-orang terdekat anda?atau hari ini berlalu seperti hari biasa ? mungkin seorang guru tidak mengahrapkan sebuah kado yang mewah dari kita, sebuah ucapan selamat yang indah dari kita ataupun kejutan indah dari kita, karena semua guru melakukan pekerjaan secara mulia berbagi ilmu dengan ihklas, ihklas dalam membimbing kita, mensupportkita dan memberikan hal-hal positif lainnya yang patut kita contoh, coba renungkan sejenak, apakah kamu sedih ketika dihari ulang tahun kamu tak seorangpun memberikan kejutan kepadamu? Tak seroangpun mengucapkan kata selamat kepadamu? Dan kamu sendiri bisa menjawabnya bagaimana perasaan seorang guru tersebut.

Guru mungkin tidak berharap ucapan selamat dari kita, tidak berharap hadiah dari kita, kejutan indah dari kita tapi sudah semestinya kita memperlakukannya secara istimewa seperti orangtua kita, karena mereka adalah orangtua pengganti jika di sekolah. Tanpa mereka kita tidak bisa membaca, tanpa mereka kita tidak bisa menulis, tanpa mereka kita tidak bisa berhitung, tanpa mereka kita bisa menjadi seorang profesor, tidak bisa menjadi dokter, ataupun profesi yang saat ini kita miliki karena mereka adalah pahlawan kita, pahlawan tanpa tanda jasa, seorang yang memberikan jasa yang tidak bisa dibayar dengan apapun karena pengabdian mereka yang murni, tulus berbagi ilmu.

Kita tidak harus memberikan hadiah yang indah kepada mereka, ucapan selamat yang berlebihan, tetapi cukup menghormatinya, menghargainya dan menyanyanginya dan yang paling penting anggaplah dia sebagai orangtua kita sebagaimana beliau menganggap kita sebagai anak mereka sendiri. Dan semoga para guru yang ada di Indonesia selalu berjaya. Aamiin

Comments

comments

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image