Sejarah Singkat SMK Negeri 1 Pogalan

Berawal dari persiapan Sekolah Menegah Ekonomi ( SMEA ) yang berdiri pada tahun 1975, kemudian pada tahun 1977 berubah status menjadi SEKOLAH MENENGAH EKONOMI TANGKAT ATAS ( SMEA ) NEGERI yang terdiri dari 3 ( tiga ) jurusan : Pembukuan, Tata niaga dan perkantoran. Sejalan dengan perkembangan dunia pendidikan , pada tahun 1994 nama SMEA di seluruh Indonesia kemudian berubah menjadi Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) tak terkecuali SMK Negeri 1. Pogalan dengan kelompok Bisnis dan Manejeman , dan pariwisata.

Melalui program re engenering , SMK Negeri 1 Pogalan pada tahun 2002/2003 menambah Jurusan Tata Boga dan Tata Busana. Sehingga jumlah jurusan si SMK Negeri 1 Pogalan menjadi 5 ( lima ) jurusan, yakni : Administrasi Perkantoran ( ADP). Akuntansi ( AK), Menejemen Bisnis ( MB ), Tata Boga ( TBg), Tata Busana ( TBs ).Pada tahun 2006/2007 sebagai upaya menyikapi tuntutan global dan permintaan pasar kerja, SMK Negeri 1 Pogalan melengkapi jurusan dangan menambah jurusan/program/ Kompetensi keahlian baru yakni Multimedia dan Teknik Komputer Jaringan. Pada tahun yang sama telah diraih sebuah prestasi di bidang menejemen sekolah yakni Sistem Menejemen Mutu ( SMM) ISO 9001-2000 dari URS Belanda.

Penelusuran terhadap metamorfose SMK Negeri 1 Pogalan menjadi sebuah Sekolah Menengah Kejuruan bertaraf Internasional ini dapat ditemukan dalam SBP ( School Business Plan ) tentang pengembangan SMK Negeri 1 Pogalan lima hingga sepuluh tahun ke depan ( 2005 -2011 ).

Atas perkenan Alloh SWT dan berkat usaha sungguh-sungguh yang dilakukan oleh semua pihak, selama lima tahun sejak Renstra tersebut ( Sekolah yang dapat dikembangkan menjadi sekolah bertaraf Internasional ) sebuah sekolah Rintisan Sekolah bertaraf Internasional telah berdiri di bumi kabupaten trenggalek tepatnya di sebuah kota kecamatan Pogalan,Sekarang telah menjadi sekolah pilihan dan kebanggaan masyarakat Trenggalek dan sekitarnya sekaligus sebagai pusat keunggulan ( Center of exellence ).