Tiga Jurus agar SMK Siap Kerja

PEMERINTAH tengah mempersiapkan tiga strategi sebagai solusi bagi para lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang hingga kini belum bekerja seusai lulus dari sekolah mereka. Strategi itu diyakini bakal memberikan pelatihan serta informasi yang tepat bagi lulusan SMK untuk bekal mereka dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. “Secara garis besar, ketiga strategi itu bisa memberikan jalan keluar bagi anak-anak SMK yang hingga saat ini belum mendapatkan pekerjaan,” jelas Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud Mustaghfirin Amin didampingi Kasubdit Program SMK Arie Wibowo di Jakarta, Selasa (18/10).

Mustaghfirin menyampaikan langkah pertama ialah mempersiapkan SMK yang dapat mengeluarkan sertifikat kompetensi yang diakui kalangan industri serta berlaku di negara ASEAN. Hingga saat ini tercatat, sudah sebanyak 291 SMK yang bisa mengeluarkan sertifikat kompetensi sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang disahkan Badan Nasional Standar Profesi (BNSP) serta diakui di negara ASEAN. “Sementara itu, masih ada 400 SMK lainnya yang dalam proses agar bisa mengeluarkan sertifikat kompetensi,” ucapnya.

Strategi kedua, lanjut dia, melakukaan retooling atau memberikan bekal pelatihan kepada lulusan SMK yang belum mendapatkan pekerjaan sehingga dengan retooling akan mempermudah mereka meraih pekerjaan. Strategi ketiga ialah mempersiapkan kegiatan job matching atau mempertemukan kalangan industri dengan lulusan SMK sehingga lulusan SMK dapat cocok direkrut menjadi tenaga kerja.

“Agar upaya ini berjalan lancar, saat ini kami pun sedang melatih dan menyiapkan pelatihan. Kami mengimbau dan mendorong sekolah agar segera melatih kembali siswa mereka yang belum mendapat pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan,” terang Mustaghfirin. Pada kesempatan itu, dia memaparkan percepatan pembangunan pendidikan vokasi melalui SMK kini difokuskan pada potensi besar yang dimiliki Indonesia.

sumber: mediaindonesia.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image