GERAKAN SATU JUTA MASKER

Pandemi Covid-19 telah menumbuhkan kepedulian dan solidaritas warga demi mencegah penyebaran virus asal Kota Wuhan, China. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Wikan Sakarinto meluncurkan Gerakan “Satu Juta Masker Merah Putih dari Vokasi untuk Indonesia”, yang diproduksi oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Peluncuran ini bertepatan dengan momentum bulan kemerdekaan, gerakan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat gotong royong masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya memutus penularan Covid-19.

“Masker ini akan dibagikan ke masyarakat dan peserta didik di seluruh Indonesia melalui SMK, Perguruan Tinggi Vokasi, Lembaga Kursus dan Pelatihan, dan Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri,” dikatakan Dirjen Diksi, Wikan Sakarinto di Jakarta, Kamis 13 Agustus 2020.

Gerakan ini akan melibatkan seluruh elemen yang ada di bawah Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan. Setiap sekolah yang mengambil peran akan membuat masing- masing minimal 5.000 masker kain yang akan langsung dibagikan kepada warga sekolah tersebut dan lingkungan di sekitarnya.

“Penggunaan masker ini adalah salah satu protokol kesehatan yang tidak hanya mampu melindungi diri sendiri tetapi juga orang lain,” ujar Wikan.

SMKN 1 Pogalan adalah salah satu SMK yang berkesampatan untuk ikut serta berperan dalam gerakan ini, telah menyerahkan 5000 masker kepada SMK Negeri dan Swasta se Kabupaten Trenggalek. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Sabtu, 15 Agustus 2020.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image